LekoNTT.com: Membaca Dahulu, Berkomentar Kemudian
Mahasiswa UNWIRA Sosialisasi Pembelajaran Publik Speaking bagi OSIS di SMPN 2 Nagawutung - Leko NTT

Mahasiswa UNWIRA Sosialisasi Pembelajaran Publik Speaking bagi OSIS di SMPN 2 Nagawutung

Baptista Varani Mario Deputra Nahak*

Mahasiswa FISIP UNWIRA peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik berfoto bersama para guru di SMPN Nangawutung sesuai pelatihan. Nagawutung 2 Agustus 2024


Nagawutung, LekoNTT-Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) mengadakan sosialisasi bertema "Pentingnya Pembelajaran Public Speaking dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Nagawutung" pada Dua Agustus 2024.

Acara berlangsung di aula SMPN 2 Nagawutung, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata. Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, membangun kepercayaan diri, serta mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik.

Sisilia Oliveira Mambo, mahasiswa dari Program Studi Administrasi Publik, FISIP Unwira, menjelaskan bahwa kemampuan public speaking sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Pertama. "Kemampuan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara dan komunikasi, tetapi juga peran siswa dalam berkontribusi lebih bagi kemajuan sekolah dan lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Sementara menurut Oktavianus Beda siswi kelas IX A, pelatihan public speaking bisa membantu mereka untuk menyusun pidato dengan baik dan benar. Kami lebih percaya diri dan tidak ragu-ragu dengan kemampuan diri ketika selesai mengikuti pelatihan public speaking. 

Ketika ditanya mengenai materi pelatihan ia menjawab “materi kepemimpinan memberi manfaat agar ketika dipilih menjadi pemimpin saya bisa menjadi pemimpin yang baik, patut diteladani dan jujur agar bisa dipercaya teman-teman.”

Peserta pelatihan datang dari siswa kelas VII-XI SMPN 2 Nagawutung. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang manfaat belajar publik speaking dan OSIS. Antusiasme siswa terlihat dalam sesi tanya jawab yang berlangsung aktif usai penyampaian materi.

Berbagai topik seperti persiapan sebelum publik speaking, menyusun naskah pidato yang menarik, strategi mengatasi kecemasan, dan pengalaman menjadi pemimpin merupakan materi dalam sosialisasi ini. Guru-guru SMPN 2 Nagawutung juga menghadiri sosialisasi ini.

Petrus Boli, S.Pd, wakil kepala sekolah SMPN 2 Nagawutung menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan pencerahan bagi siswa untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Pelatihan ini dapat menjadi pedoman ketika besok-besok masuk ke Perguruan Tinggi. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga Kampus UNIKA sehingga adik-adik bisa berkunjung ke sini,” kata Petrus

Dengan dukungan penuh dari pihak sekolah, kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar dan sukses, hingga memberikan dampak positif bagi para siswa SMPN 2 Nagawutung. (AM/LekoNTT)

*Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNWIRA


Related Posts:

0 Response to "Mahasiswa UNWIRA Sosialisasi Pembelajaran Publik Speaking bagi OSIS di SMPN 2 Nagawutung"

Posting Komentar